29 Oct 2017

Lantunkan Lagu Indonesia Raya Bersama Deburan Ombak, Pelajar Muhammadiyah Ini Peringati Sumpah Pemuda

IPM.OR.ID, JEMBER - Bertepatan dengan hari sumpah pemuda, Pelajar Muhammadiyah se- Cakru, Kencong, Jember, gelar upacara di pesisir pantai, Sabtu (28/10).

Upacara yang berbeda dengan lainnya, biasanya hanya rutinitas di lapangan sekolah saja, puluhan pelajar Muhammadiyah upacara di pantai. SMK Muhammadiyah 5 Jember yang merupakan inisiator kegiatan, menggandeng SMP Muhammadiyah 8 Cakru, MI Muhammadiyah 1 - 5 Cakru dan SD Negeri 2 Paseban untuk turut mensukseskan. Peserta berangkat pukul 06.00 wib dari rumah ke sekolah masing - masing,. Tepat pukul 07.00 wib para peserta sudah berkerumun di pantai Paseban dan mulai merapikan barisannya untuk memulai prosesi peringatan sumpah pemuda.

Pimpinan Daerah (PD) Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Jember yang juga meyaksikan upacara secara langsung, terkesima, mendengar lagu Indonesia Raya dilantunkan bersama deburan ombak. 

"Ini adalah kali pertamanya PD IPM Jember mengikuti dan menyaksikan upacara peringatan sumpah pemuda di lahan terbuka dan luas disertai derapan ombak dan angin pantai Paseban. Seketika kami terkesima dan bangga sekali dengan kegiatan tersebut yang kali pertama kami ikuti," tutur Sobri Ketua Umum PD IPM Jember pada IPM.OR.ID

Usai upacara, para pelajar melanjutkan kegiatan sumpah pemuda dengan mencintai lingkungan yang dikemas dalam kegiatan peduli pantai selatan. Kegiatan peduli tersebut meliputi, bersih pantai, penanaman Cemara laut di sepanjang jalan masuk pantai. Lalu, di lanjutkan dengan sosialisasi kepada pengunjung dan warga sekitar Paseban untuk ikut serta menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang.

Awal kegiatan ini, karena rasa prihatin. Pantai yang indah menjadi tempat berkumpulnya sampah. "Terinspirasi dari rasa keprihatinan waktu kami berkunjung ke pantai karena kami melihat disana disini penuh dengan sampah yang berserakan, dan yang kedua karena pantai merupakan tempat rekreasi yang sering dikunjungi masyarakat dikala waktu libur," jelas salah satu Guru SMKM 5 Jember.

Hadir juga PD IPM Jember, Tapak Suci cabang Cakru, Muhammadiyah Disaster Management Center
(MDMC) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) cabang Cakru. *(bri/anf)