28 Oct 2017

Peserta Olympicad V Tembus Angka 2700

IPM.OR.ID, BANDAR LAMPUNG - Usai Pembukaan Olympic Ahmad Dahlan (Olympicad) ke-5 yang dilakukan kemarin (26/10), sekarang Olympicad V memasuki agenda inti yaitu perlombaan. Lokasi pelaksanaan dibagi menjadi 4 tempat yaitu Kompleks Perguruan Muhammadiyah Labuhan Ratu, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung, Asrama Haji, dan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Muhammadiyah Gunung Terang. Pembagian lokasi dilakukan karena banyaknya peserta yang mengikuti Olympicad V.

Meski baru pertama kali diselenggarakan di luar Pulau Jawa, Peserta Olympicad V menembus angka 2700 orang yang tersebar dari berbagai jenjang mulai  SD, SMP, hingga SMA Muhammadiyah/sederajat se-Indonesia. Bahkan Olympicad V juga diikuti kontingen dari provinsi-provinsi terluar Indonesia seperti Aceh, Kalimantan Utara, Maluku Utara, dan Papua.

Memasuki hari kedua, Jumat (27/10)  beberapa perlombaan telah usai digelar. Namun sebagian besar cabang perlombaan yang masih memasuki babak penyisihan akan dilanjutkan hingga hari terakhir.

Ketua Panitia Pusat Olympicad V, Baedhowy menyatakan bahwa perlombaan akan dilanjutkan, Sabtu(28/10) untuk babak final dan pelaksanaan sisa-sisa pertandingan. "Pelaksanaan Olympicad masih berlanjut besok dan akan ditutup pada Sabtu malam", ujar Baedhowy ketika memberikan sambutan pada Ramah Tamah bersama Walikota Bandar Lampung pada Jumat malam (27/10).

Keseluruh peserta memperebutkan medali emas pada 21 cabang perlombaan dengan jumlah total 42 kategori perlombaan, sebagai berikut :
1. Matematika (SD-SMP-SMA/sederajat)
2. IPA (SD-SMP/sederajat)
3. Fisika (SMA/sederajat)
4. Kimia (SMA/sederajat)
5. Biologi (SMA/sederajat)
6. News Reading in English (SD-SMP-SMA/sederajat)
7. Ismu in Arabic (SD-SMP-SMA/sederajat)
8. Ismu in English (SD-SMP-SMA/sederajat)
9. Otomotif (SMK)
10. Robotik (Line Tracker dan Maze Solving, SD-SMP-SMA/sederajat)
11. Film Indie (SMP-SMA/sederajat)
12. Business Plan (SMA/sederajat)
13. Karya Tulis Ilmiah Siswa (SMA/sederajat)
14. Penelitian Tindak Kelas (Kepala Sekolah)
15. Penelitian Tindak Sekolah (Kepala Sekolah)
16. Majalah Sekolah (sekolah)
17. Desain Web Sekolah (SMA/sederajat)
18. Musabaqah Tilawatil Quran (SD-SMP-SMA/sederajat)
19. Musabaqah Fahmil Quran (SD-SMP-SMA/sederajat)
20. Hafidz Quran (SD-SMP-SMA/sederajat)
21. Seni Tapak suci

Kontingen dengan akumulasi perolehan juara terbanyak akan menyandang gelar juara umum pada Olympicad V saat penutupan. *(nabhan)