2 Nov 2017

Segudang Prestasi Kabid PIP PD IPM Kota Pekanbaru

IPM.OR.ID, RIAUFatmadilla Rahayu, Ketua Bidang Pengkajian Ilmu Pengetahuan (PIP) Pimpinan Daerah Ikatan Muhammadiyah (PD IPM) Kota Pekanbaru ini memiliki segudang kesibukan. Selain sibuk kuliah, gadis yang akrab disapa Fatma ini juga sibuk diberbagai organisasi kampus.
Sejak masih duduk di bangku SMP, Fatma kelahiran 7 September 1999 ini sudah aktif organisasi. Begitu juga saat duduk dibangku SMK, Fatma juga aktif di organisasi sekolah.

Mahasiswa jurusan Fisika Universitas Muhammadiyah Riau ini memiliki sederet prestasi yang membanggakan. Salah satu diantaranya adalah juara lomba memasak tingkat nasional yang diadakan kementerian kelautan dan perikanan RI pertengahan Agustus 2017 lalu.

"Nah, lomba ini diadakan untuk anak muda umum se indonesia usia 18-25 tahun dgn tujuan untuk menggalakkan gerakan makan ikan nasional," kata finalis duta bahasa Riau tahun 2017 ini.

Lomba yang diadakan dijakarta pada 14-17 agustus 2017 lalu adalah inovasi menu masakan berbahan baku ikan. Lomba tersebut diadakan (die) gedung minabahari kementerian kelautan dan perikana RI.

Pada ajang tersebut, Fatma harus bersaing dengan 55 peserta yang berasal dari seluruh daerah se Indonesia. Namun berkat kemampuanya dalam memasak, Fatma berhasil meraih juara 2 nasional dalam ajang bergengsi ini.

Lomba dibagi menjadi dua kategori masakan yaitu menu keluarga dan menu kudapan atau snack. Saat itu Fatma memasak untuk kategori menu kudapan dengan menu "Ketan Sarikaya Ikan" yang merupakan makanan khas Riau.

"Kalau biasanya ketan dimakan besama sarikaya. Nah inovasinya fatma menambahkan ikan masak kecap dan mugkin inilah hal unik dan enak yang bsa membawa saya menjadi juara 2 nasional untuk kategori menu kudapan," kata wanita peraih TOP 5 miss internet Indonesia wilayah Riau, tahun 2017 mengenang kembali momen yang tidak pernah dirinya lupakan tersebut.

Peraih juara 3 debat bahasa Inggris tingkat Kota Pekanbaru tahun 2015 ini mengungkapka, juri yang menilai masakah peserta pada ajang tersebut berasal dari chef proffessional dan ahli gizi serta dari staff kementrian perikanan dan kelautan RI.

Tidak hanya itu, kemampuanya dalam memasak tidak perlu diragukan lagi. Fatma juga tercatat pernah meraih gelar juara pertama Alfamart Cooking Fun 2016.

Wajar, karena ia memang sudah hobi memasak sejak masih kecil. Kebetulan ibunya memang jago memasak juga. Kemampuanya dalam mengolah menu masakan pun semakin mantap sejak dirinya menginjak bangku SMK. Sebab saat duduk di bangku SMK, Fatma mengambil jurusan Tata Boga.

"Dapat ilmu dasar memasak dari SMK dan dikembangkan sendiri dirumah. Sering juga latihan dan eksperimen resep-resep baru. Referensinya dari guru guru boga dan belajar dari youtube dan instagram juga," katanya.

Bukan hanya sekedar hobi, keahliannya dalam memasak tidak sia-sia. Berawal dari hobinya yang suka memasak, Fatma pun bakal merintis usaha kuliner.

"InshaAllah dalam waktu dekat akan membuka usaha kue online," katanya.

Sumber: http://pekanbaru.tribunnews.com/2017/11/01/gadis-cantikperaih-juara-memasak-ikan-nasional-ini-punya-segudang-prestasi?page=all